Game Online Untuk "Pelajar" ? Harus bisa di seimbangkan ya... :)


Game Online…?
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan(games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupunInternet). Berbeda dengan play station, Game on line bisa di mainkan lebihdari 1 orang bahkan bisa sampai 100 orang

Sejarah dan Perkembangan Game Online

Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembanganteknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya gameonline sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yangdahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet danterus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah samaseperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saatmuncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengankemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama(Multiplayer Games).Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket(packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatasLAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas laludikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yanglain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demamdotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakincepat.

Tipe-Tipe Game Online

a. First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiriyang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis inisering disebut game tembak-tembakan).
b. Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankankepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
c. Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secaraonline dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speedundercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memilikikonektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
d. Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser sepertiFirefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan gameini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
e. Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermaindalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

Dari segi ekonomi
Game online sudah menjadi racun bagi sebagian pelajar.Ketergantungan yang di timbulkan akibat keseringan memainkannyamembuat banyak pelajar rela mengeluarkan banyak biaya untuk bisa terus bermanin game online. Sampai-sampai, seorang anak bisa menghabiskanRp. 8.000,- sampai Rp. 20.000,- perharinya. Padahal tidak salah lagi, uangyang digunakan untuk bermain game online merupakan uang jajan sekolah.Sehingga, kebohongan pun sering terjadi antara mereka terhadap orang tua.Menurut para onliner, game online sudah merasuk kedalam jiwamereka. Mereka rela mengeluarkan banyak biaya agar bisa tersalurkankepuasannya dalam bermain. Mereka berdalih game online bisamenghilangkan segala kejenuhan, dari masalah keluarga hingga masalahsekolah. Rata rata orang  tua mereka tidak mengetahui anaknya menjadi penggila game online. Tapi ada juga yang mengetahuinya, namun mereka berpendapat itu hanya sebuah permainan biasa. Padahal game online bisa berdampak kurang baik bagi anak apabila tidak ada pengawasan dari pihak orang tua. Pengakuan dari onliner tentang game online bermacam-macam,ada yang mula-mula hanya mencoba-coba tapi akhirnya menjadi ketagihan.Adapula yang memang sudah menjadi penggila game-game sebelum adanyagame online seperti playstation yang dulu sangat terkenal dikalangan penggila game. Tapi seiring perkembangan jaman tingkat kemajuan dalam bidang game pun mengalami perubahan yang cepat mengikuti jaman.

Dari Segi Waktu
Selain memberi dampak pada segi ekonomi game online jugamempengaruhi dalam segi waktu dalam bermain game online, terasa kurangseru apabila hanya bermain sebentar. Sehingga onliner bisa sepanjang harimemainkan game online. Setelah diadakan observasi lapangan, ternyatarata-rata mereka bermain antara 5 jam sampai 2 jam, itu pada hari biasasedangkan pada hari-hari libur mereka bisa sampai pagi hingga pagi lagi. Karena mereka sudah mempunyai voucer bermain yang didalamnyamendapat discount apabila bermain cukup lama dan telah menjadi member warnet tersebut. Phenomena ini, diperkuat oleh pemilik warnet yang membukawarnetnya 24 jam, sehingga tidak ada kendala bagi para pemain. Kapan pun mereka akan bermain, pasti warnet tempat game online itu tidak akantutup, biasanya para pemain game online sulit untuk membagi waktu antara bermain dan belajar, karena apabila sudah tercandu dengan game online, para pemain akan lupa waktu. Bahkan sebagian besar sampai membolossekolah hanya untuk bermain game online. Diisi lain adapula pemain gameonline yang bisa menginap diwarnet selama 3 hari mereka beralasan gameonline tidak membosankan dan berbeda dengan game offline yang memilikilevel dan permainannya bisa berakhir atau tamat. Sedangkan game online permainannya tidak berakhir dan bisa bermain sepuasnya. Hal-hal yangseperti itulah yang menjadi penyebab para onliner lupa waktu dan sulitmembagi waktu antara belajar dan hobi. Diperparah dengan semakin berkembangnya bermacam-macam jenis game online, dari tahun ketahun jenis-jenisnya semakin menjamur.

Dari Segi Prestasi Sekolah
Ada pula dampak game online yang dilihat dari segi prestasi sekolah. Bagi para pecandu game online banyak yang mengorbankan waktusekolahnya hanya untuk bermain game online sehingga bisa mengganggu proses belajar. Tidak sedikit dari mereka yang sering membolos pada saat jam sekolah. Tidak hanya pada pagi hari, malam hari pun mereka gunakanuntuk bermain, mereka pun merasa banyak terjadi perubahan pada dirimereka setelah mengenal permianan game online. Mulai dari jarang adadirumah, bolos ke sekolah, membohongi orang tua, sering pulang malam bahkan tidak sempat meluangkan waktu untuk belajar. Akibatnya, banyak onliner yang menyadari bahwa prestasi dan nilai sekolah mereka menurun,tugas sekolah yang terbengkalai dan panggilan orang tua karena merekasering membolos sekolah saat jam pelajaran. Padahal sebelum meluasnya game online mereka  merasa jarang sekali kewarnet paling hanya untuk mencari tugas sekolah di internetselebihnya mereka habiskan waktu di sekolah dan di rumah. Pengetahuantentang game online pun mereka dapatkan dari beberapa sumber sepertiteman, internet dan majalah.Anggapan pada saat ini tentang game online menurut mereka bahwa game ini bisa menjadi alternatif untuk mengasah kemampuan otak, menambah teman dan penghilang kesuntukan. Semua itu bisa dibenarkanasalkan waktu bermanin dan belajar bisa diseimbangkan agar hobbi kita bisa tersalur tanpa mengabaikan tugas kita sebagai pelajar.
Dampak positif dan negatif dari game
sekarang banyak beredar game,dari game offline hingga game online,hingga saat ini game tidak hanya meliputi anak kecil/remaja saja,namun hingga orang dewasa,dari yang hidupnya kacau hingga pelajar/mahasisiwa yang tidak lulus,game memiliki efek positif dan negatif.dari efek positifnya game mampu membuat pola berfikir,reflek,dan mungkin sebagai ajang mendapatkan uang dengan menjual karakter seseorang.sedangkan efek negatifnya juga sangat fatal di dalam kehidupan nyata yaitu dapat membuat kebodohan,ketidak harmonisan,dan bagi pelajar tidak lulus.
Dampak Positif Game Online. Dampak positif dalam bermain game online ini yaitu dampak yang bisa dibilang memberi manfaat / pengaruh baik bagi penggunanya. Dampak positif Game Online bisa seperti berikut:
  1. Hiburan. Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui / untuk menghilangkan kebosanan mengenai kegiatan yang ‘itu itu’ saja.
  2. Bisa untuk ajang melatih konsentrasi (misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.
  3. Ajang menambah kawan. Dengan bermain game online (game online yang berhubungan dengan user lainnya) bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi
Selain dampak positif game ada juga dampak negatif dari game , yaitu dampak yang kurang baik bagi para pengguna game online tersebut. Seperti:
        1. Tidak Kenal Waktu / Lupa Waktu. Kebanyakan dari para gamer yang sudah hobi dalam memainkan game yang ada sering kelupaan waktu untuk rutinitas kegiatan lainnya. Misal, waktu makan lupa untuk ngegame ke warnet, akibatnya perut sakit dsb. . .
        2. Pemborosan. Mengapa bisa pemborosan? Ya, kalau untuk para gamer yang sudah bisa mencari penghasilan sendiri sih, ini belum terlalu masalah. Namun jika masih meminta kepada orangtua,  misal main game setiap hari selama sebulan sudah habis berapa coba uang yang di keluarkan untuk main game ?  . Apa tidak kasihan sama orang tua yang bekerja keras untuk mensekolahkan kita agar menjadi generasi penerus bangsa ?
        3. Lupa Kewajiban. . Sepertinya kebanyakan dari pemain game online ini masih kisaran anak – anak sampai remaja (pelajar), (walaupun ada juga sih orang dewasa – orang tua juga yg memainkan game online ini). Kewajiban para pelajar yaitu belajar. Dengan keseringan, dampak buruk nya yaitu waktu belajar semakin berkurang. Selain itu kita juga mempunyai kewajiban terhadap Agama. Dan kewajiban lainnya yang patutnya di laksanakan sebagaimana mestinya.
        4. dapat menyebabkan kematian,salah satu contoh di amerika,seorang pemuda membunuh sopir taksi karena mengiginkan uangnya,dia terinspirasi game GTA.

Dampak Game Online
Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial pemainnya dalam dunia nyata, tetapi juga terkadang mempengaruhikejiawaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama seperti yang dilansir sebuah media di Amerika Serikat gara-gara sebuah game seorang pemuda diAmerika Serikat menusuk temannya sendiri.Dampak dari segi ekonomi pun sangat besar, setelah peneliti melakukanobservasi langsung ketempat-tempat permainan game online, ternyata mereka mengatakan bahwa uang yang mereka pakai untuk bermain game online tersebut merupakan sebagian dari uang jajan sekolah mereka. Bahkan, tidak sedikit yang memakai uang SPP atau untuk keperluan sekolah demi bisa bemain di dunia maya. Penulis merasa game online sudah benar-benar merasuk kedalam jiwa para pelajar. Di SMAN 1 Cileungsi terdeteksi sekitar 70% anak sudah teracuni oleh permainan game online dan sisanya hanyasekedar iseng-iseng saja. Mereka mengatkan, awalnya dari coba-coba hinggaakhirnya merasa ketagihan. Karena dipermainan ini tidak ada istilah berakhir atau tamat, jadi sepuas kita ingin sampai level berapa saja. Ada juga yangmengatakan bermain game online bisa menambah teman dan menghilangkankejenuhan. Karena perminan ini bisa dimainkan lebih dari satu orang, bahkan bisa mencapai ribuan pemain.Dalam penelitian ini, penulis mendatangi salah satu tempat permainangame online di Cileungsi, tenyata antusiasme terhadap game ini sangat besar.Penulis juga mewawancarai salah satu dari onliner, ia mengaku sudah merasakecanduan game ini, bahkan ia sering sekali membolos dari sekolah. Yanglebih mengagetkan, ia bisa memainkannya hingga seharian penuh.Sungguh kondisi yang memprihatinkan apabila pelajar rela seharian penuh di depan layar komputer hanya untuk bermain game. Permainan inidisebarluaskan dari mulut kemulut, sehingga penyebarannya pun bisa cepat.
Ada yang beranggapan, tidak bisa bermain game online berarti anak tersebutdikatakan Gaptek (Gagap Teknologi). Jadi, agar tidak disebut anak gaptek oleh teman-temanya seorang anak mau tidak mau harus mencoba permainantersebut. Sebenarnya, para onliner merasa banyak sekali dampak yangditimbulkan dengan seringnya bermain game online.Game online ternyata cukup menyita waktu, jadi tidak jarang onliner  banyak menghabiskan waktunya di warnet sehingga sangat sulit membagi waktu antara belajar dan bermain game online.  Menurut penulis, pihak warnetlah yang harusnya tidak terlalu memanjakan para onliner, pada kasusini warnet berperan sangat penting. Penjaga warnet yang penulis wawancaraimengaku mereka menyediakan fasilitas 24 jam untuk bermain game online.Jadi, semakin dipermudahlah para onliner untuk bermain.Dalam hal seperti ini, banyak sekali yang dikorbankan seperti belajar. Persetasi dan nilai pun diakui mereka mengalami penurunan karenakurangnya waktu belajar dan seringnya membolos sekolah. Keadaan sepetiini perang orang tua dan guru menjadi sangat penting, dala mengarahkan danmembimbing anak-anaknya. Mengawasi segala aktifitas yang kurang baik untuk sekolahnya. Jangan sampai karena penyaluran hobbi nilai sekolahmenjadi korban. Untuk itu pintar-pintarlah dalam membagi waktu danmenyerap teknologi yang semakin pesat.

Nah…. Akibatnya Begini nih… :/  


Pelajar Jual Motor untuk Mabuk Dan main Game Online



MS (42 tahun) warga Kampung Baru Broni Rt. 18 Kel. Broni Kecamatan Telanaipura terpaksa berurusan dengan polisi lantaran dituduh menggelapkan satu unit sepeda motor yang dibelinya dengan kredit melalui FIF dan memberikan laporan palsu. Bapak tiga anak itu diamankan bersama anak keduanya yang masih berstatus pelajar, MF (17).

Sepeda motor tersebut sengaja dibeli oleh MS untuk MF lima bulan yang lalu dengan uang muka 2 juta rupiah, oleh MF motor yang sedianya untuk digunakan pergi kesekolah malah dijual dan uangnya digunakan untuk mabuk-mabukan dan main game Online.







“aku jual seharga 2 juta sama orang yang katanya tinggal di Sabak, aku dak kenal dengan yang beli karena saya dikenalkan oleh teman saya, ini baru pertama kali saya lakukan bang,” aku MF, selasa (19/06).
Hal senada juga dikatakan oleh MS, Ia mengaku baru mengetahui motor tersebut dijual oleh MF saat bertengkar, ketika itu tercetus sang anak telah menjual motor tersebut setelah sebelumnya mengaku motor tersebut dicuri.

“awalnya dia ngaku katanya motor itu dicuri, setelah didesak ternyata motor itu dijual, karena motor itu masih kredit, saya beli DP 2 juta sebulannya 600 ribuan dan sudah diangsur selama lima bulan, jadi saya buat laporan hilang saja ke polisi kalau tidak maka kreditnya akan berjalan terus, memang anak saya itu nakal dan suka main game online bahkan saking kecanduan anak saya ini nekad mencuri uang saya,” ujar MS yang mengaku berprofesi sebagai penjual cabai diangso duo.

Kasi Humas Polsek Telanaipura, Aipda Azwardi membenarkan penangkapan ayah dan anak itu, senin (18/06). Menurutnya terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan pelaku yang mengaku kehilangan motor, namun dari gelagatnya yang memberikan keterangan berbelit-belit diketahui ternyata motor tersebut bukan hilang melainkan telah dijual.

“laporannya motor itu hilang didepan kantor DPR Provinsi saat parkir, tapi setelah dalami ada kejanggalan dan setelah didesak pelaku menngaku motor tersebut telah di jual, indikasinya mereka merupakan sindikat, dan memang ini modus yang sering digunakan dan sudah ada penampungnya,” imbuh Azwardi.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 220 dan pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 1 tahun 4 bulan penjara.
Kesimpulan
 Berdasarkan hasil wawancara dari responden, ternyata dapat disimpulkan bahwa pengaruh game online bagi pelajar sangat besar. Dampak negatif yang di timbulkannya pun sangat mempengaruhi prestasi belajar mereka,  karenawaktu belajar tersita oleh kegiatan bermain game online.Peran orang tua dan guru pun sangat dibutuhkan dalam hal ini. Selain itu, tempat-tempat yang menyediakan game online, harusnya ada ketentuan-ketentuan waktunya agar game online bukan menjadi sebua  kegiatan berusak prilaku seorang anak,  tetapi seharusnya menjadi ajang untuk menyalurkan kepenatan sesaat agar pikiran mejadi segar kembali tanpakecanduan yang berlebihan.
Saran
 Menutup penelitian ini, penulis menyarankan agar para orang tua danguru bisa ikut mengawasi segala kegitan anak-anaknya. Selain itu, bagi paraonliner agar bisa membagi waktu belajar dan bermain supaya semuanya seimbang. Jangan sampai  demi sebuah hobbi, sekolah pun menjadi terbengkalai. Perkembangan teknologi  jaman modern ini, kita harus bisamemanfaatkannya dengan baik jangan sampai kita di bodohi oleh teknologi,tapi jadikanlah kemajuan teknologi sebagai kemudahan dalam memperolehinformasi dan sarana belajar

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment